Skip to main content

Cuma 5 Menit! Begini Cara Mengganti Domain Utama di cPanel

Cara mengganti domain utama di cPanel tentu menjadi langkah bagi Anda yang ingin merubah alamat domain web yang lama dengan nama yang baru.

Dalam prosesnya, sebenarnya merubah nama domain pada sebuah website bukan hal terlalu sulit.

Hanya saja, bagi sebagian orang, tentu perihal tersebut merupakan sesuatu yang asing dan belum banyak diketahui. Khususnya para pemula yang tengah belajar mengelola website.

Padahal, selain mudah dan tidak ribet, mengganti akses alamat domain ke nama domain baru adalah hal yang tidak memakan waktu lama. Tak hanya itu, bahkan bisa dilakukan hanya dalam waktu tidak sampai 10 menit.

Salah satu tipsnya yakni dengan menjadikan addon domain sebagai domain utamanya dengan akses WHM. Yang mana, langkah ini dirasa paling efektif untuk merubah alamat domain yang lama ke nama domain yang baru.

Masih bingung? Simak saja cara mudah mengganti domain utama melalui akses cPanel yang bisa Anda coba.

  1. Cara menghapus domain di cPanel untuk diubah ke nama yang baru, pertama Anda harus masuk ke kanal WHM - Account Functions - Modify an Account.
  2. Jika sudah, langkah selanjutnya Anda harus melakukan back up data pada bagian menu Full Backup di cPanel terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar data sebelumnya masih tersimpan dengan aman bila terjadi sesuatu yang tak terduga.
  3. Selanjutnya, login ke akun cPanel Anda.
  4. Setelah login maka langkah berikutnya ketikkan nama “Addon Domain” di bagian kolom pencarian. Pilih addon domain. Nantinya, Anda akan diarahkan ke bagian halaman Addon Domain.
  5. Berikutnya, hapus add-domain yang nantinya akan dialihkan menjadi domain utama.
  6. Menginjak pada bagian lain, Anda harus login terlebih dahulu WHM - Account Functions - Modify (jika sudah login maka Anda bisa melompati tahapan ini dan lanjut ke langkah berikutnya).
  7. Pilih domain yang telah expired lalu klik saja pada opsi Modify.
  8. Pada proses selanjutnya, ganti alamat domain utama untuk diubah ke add-domain yang sebelumnya telah dihapus pada bagian cPanel.
  9. Pindahkan sub-directory addon domain yang ingin dijadikan nama domain baru ke folder public_html. Langkah ini sebagai upaya agar nanti kedepannya addon domain tadi menjadi domain utama pada saat diakses.
  10. Hal penting yang perlu Anda pahami juga bahwa dikarenakan domain utama sudah berhasil dialihkan atau diubah maka secara otomatis Anda perlu melakukan pengaturan ulang pada beberapa akses. Seperti FTP, alamat email, dan sebagainya termasuk pula mengubah username.
  11. Perlu diketahui saat Anda masuk dalam pengaturan ulang, lakukan konfigurasi secara keseluruhan. Hanya saja, perlu diingat bahwa setiap data yang diubah harus diingat-ingat, salah satunya username.

Terlepas dari beberapa langkah di atas, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Seperti waktu atau masa expired dari domain utama.

Bukan tanpa sebab mengingat untuk mengalihkan dari alamat utama ke addon domain maka masa domain sebelumnya harus expired terlebih dahulu agar nantinya bisa dilakukan pembaruan alamat domain yang baru.

Dengan kata lain, cara tersebut diterapkan khusus untuk alamat domain yang sudah melewati masa waktu perpanjangan.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah cukup jelas penjelasan mengenai cara mengganti domain utama di cPanel?

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar